Monday, June 20, 2011

motoduiten

alkisah ... di keramaian pasar desa motoduiten, ratusan receh dengan riang menikmati perpindahan dari tangan ke tangan. gemerincing saling beradu ketika terbalas dengan seprapattiga ikat sawi hijau. gopean saling berloncatan pindah ke satu tangan ke tangan lainnya, secengan pun pindah kendali dari tukang parkir ke pengendara roda dua. cepean, gocapan dan jigoan tak mau kalah, mereka bersatu membentuk nilai yang setara dengan gopekan atau pun secengan. makin berat receh yang terkumpul, makin berat pula lah kocek si empunya. belum lagi soal tumpukan nominal kertas yang dengan pamornya terkibas dalam genggaman tangan. warna hijau, ungu, apalagi merah, walaupun lecek kucel kumel tetap saja digandrungi.

begitulah recehan dan lembaran selalu digandrungi kebanyakan orang, semua berlomba memiliki sebanyak-banyaknya hingga banting tulang & meras keringat sampai lupa waktu, dan tak dapat dipungkiri ada dari orang-orang itu yang juga menghalalkan segala macam cara. “berani brapa..? saya jamin keperluan anda akan cepat saya selesaikan, sehari jadi, tinggal tunggu duduk diam manis saja, asalkan rupiah mengalir ke rekening saya!” tak hanya itu, lihat saja itu si tikus berambut hitam menggerogoti pundi-pundi uang yang bukan menjadi hak nya.

dalam benak orang-orang, recehan & lembaran akan mendatangkan kebahagiaan, namun di sisi lain tak sedikit kasus yang justru menjadi bumerang bagi mereka,bukan bahagia yang didapat, justru petaka yang datang. ada pula hal bodoh yg sadar tak sadar dilakukan orang-orang, mereka mengorbankan kebahagiaan hati demi uang. bekerja saat matahari baru terbit dan pulang saat surya tenggelam, melupakan teriakan hati yang lelah diperhamba uang. memang tak heran jika recehan & lembaran terkenal membawa keuntungkan sekaligus merugikan, yang mampu membuai lidah sekaligus meledakkan perut, byaaaarrr, ceprottt..!

panas ditangan busuk dihati membuat sandungan di kaki. makan tuh uang!!

ps. hueekkk... aku keracunan ...

foto: bongkar celengan setelah setahunan..


No comments: